IMPLEMENTASI PROGRAM CSR TERHADAP REPUTASI PERUSAHAAN MELALUI PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

IMPLEMENTASI PROGRAM CSR TERHADAP REPUTASI PERUSAHAAN MELALUI PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

Oleh:
Novita Tri Yulia
170301108
Manajemen 5 B Sore
Mahasiswa Program Studi 
Manajemen Universitas 
Muhammadiyah Gresik


Abstrak

Teori stakeholder menyatakan bahwa perusahaan harus memenuhi kepentingan semua pemangku kepentingan untuk menjamin keberlangsungan perusahaan. Corporate Social Responsibility menjadi salah satu upaya perusahaan untuk mempertahankan hal tersebut. Pelaksanaan CSR yang berkelanjutan diharapkan mampu meningkatkan citra positif perusahaan di mata masyarakat, yang akan memberikan keuntungan di masa yang akan datang. Selain itu, CSR juga diharapkan memberikan keuntungan kepada masyarakat, terutama pada masyarakat lokal yang terdampak langsung oleh kegiatan yang berhubungan dengan perusahaan, keuntungan bagi masyarakat bisa berupa peningkatan taraf hidup yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan. Program-program CSR dapat di implementasikan dengan beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, hingga menganalisis dampak yang terjadi pada masyarakat.


PENDAHULUAN

CSR merupakan suatu bentuk pertanggungjawaban perusahaan kepada masyarakat dan lingkungan sekitarnya. Dimana masyarakat dan lingkungan merupakan pihak yang baik secara langsung maupun tidak langsung terkena dampak dari kegiatan perusahaan. Oleh karena itu kemampuan ekonomi masyarakat di sekitar kawasan perusahaan sangat dipengaruhi oleh keberadaan perusahaan tersebut. Melalui implementasi program CSR diharapkan dapat meningkatkan kemampudayaan masyarakat baik yang bersifat ekonomi maupun non ekonomi, dan begtu juga keuntungan balik bagi prusahaan salah satunya meningkatnya reputasi perusahaan dimana masyarakat. 
      Menurut Fombrun dalam Setyaningrum (2011) reputasi merupakan keseluruhan evaluasi dari pencapaian organisasi. Perusahaan yang telah mengimplementasikan program CSR dianggap memiliki reputasi yang baik jika masyarakat memiliki kesan positif, penilaian dampak positif program, sikap positif masyarakat dan keberadaan perusahaan memiliki arti penting bagi masyarakat. 
      Kesejahteraan masyarakat merupakan kondisi dimana seseorang dapat memenuhi kebutuhan pokok, baik itu kebutuhan akan makanan, pakaian, dan tempat tinggal, air minum yang bersih serta kesempatan untuk melanjutkan pendidikan dan memiliki pekerjaan yang memadai yang dapat menunjang kualitas hidupnya sehingga memiliki status social yang mengantarkan pada status sosial yang sama terhadap warga lainnya (Yulianti,2013).
      Salah satu tujuan bisnis perusahaan adalah membangun citra positif dimata masyarakat. Citra positif ini dapat dibangun dengan berbagai upaya, salah satunya melalui program CSR. Perusahaan yang menjalankan CSR dna membina hubungan baik dengan para stakeholdernya secara konsisten dan berkelanjutkan akan mendapat dukungan yang luas dari pihak-pihak yang mendapatkan manfaat dari pelaksanaan CSR. CSR akan meningkatkan citra perusahan dan dalam waktu panjang akan terakumulasi menjadi reputasi perusahaan (Ulum, dkk. 2014).
      Peran besar dalam implementasi CSR diantaranya yaitu semakin memperkuat modal sosial masyarakat, sebagai modal masyarakat dalam melaksanakan program pembangunan serta secara individu dapat meningkatkan taraf kesejahteraan serta perusahaan mendapatkan imbal balik.


PEMBAHASAN

1. Pengertian Corporate Social Responsibility
Berbagai pengertian dikemukan untuk mendeskripsikan corporate social responsibility. Dalam arti luas corporate social responsibility berkaitan erat dengan tujuan mencapai kegiatan ekonomi berkelanjutan (sustainable economic activity). Menurut (Kotler & Nance, 2005) mendefinisikan corporate social responsibility sebagai komitmen korporasi (perusahaan) untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar melalui kebijakan praktik bisnis dan pemberian kontribusi sumber daya korporasi.

2. Alasan Corporate Social Responsibility dilakukan oleh Perusahaan
Heimann 2008 (dalam Mardikanto, 2014) menyebutkan beberapa alasan mengapa Corporate Social Responsibility perlu dilaksanakan, yaitu:
  1. Meningkatkan citra perusahaan
  2. Lingkungan sosial yang lebih baik akan bermanfaat bagi perusahaan
  3. Dapat menarik minta para investor
  4. Dapat meningkatkan motivasi karyawan
  5. Dapat membantu untuk memperbaiki masalah sosial yang disebabkan oleh bisnis
     
3. Corporate Social Responsibility dan Kesejahteraan Masyarakat
Paryadi (2013) menyatakan bahwa kesejahteraan masyarakat yaitu meningkatnya taraf kehidupan manusia untuk lebih baik. Tingkat kesejahteraan masyarakat dapat dicermati dari rumah, pendidikan dan daya beli. 
      Koller;(1974), Bintarto;(1989), Harori dan Gunarto;(2014) kesejahteraan dapat diukur dari beberapa aspek kehidupan pertama dengan melihat kualitas hidup dari segi materi, seperti kualitas rumah, bahan pangan dan sebagainya. Kedua dengan melihat kualitas hidup dari segi fisik, seperti kesehatan tubuh, lingkungan alam, dan sebagainya. Ketiga dengan melihat kualitas hidup dari segi mental, seperti fasilitas pendidikan, lingkungan budaya dan sebagainya. Keempat dengan melihat kualitas hidup dari segi spiritual, seperti moral, etika, keserasian penyesuaian dan sebagainya.

4. Peranan Corporate Social Responsibility dalam Kesejahteraan Masyarakat
Kesejahteraan masyarakat tidak terlepas dari kemampuan  masyarakat untuk mendapatkan nilai ekonomi yang lebih dari nafkah yang dihasilkannya. Upaya meningkatkan nilai ekonomi sektor informal tersebut sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti peluang, kemampuan bisnis, serta akses permodalan dan pasar. Peranan CSR memberikan bantuan kepada para mitra dalam pemasaran atau jaringan pasar produk dan usaha dengan cara mengikutsertakannya dalam pameran-pameran yang bersifat lokal, maupun daerah. Keikutsertaan mereka dalam pameran, diharapkan dapat memudahkan akses ke pasar lokal maupun daerah. Sesungguhnya, kegiatan sesekali ini (pameran-pameran) yang tanpa disertai dengan peningkatan kompetensi, pelatihan, pemberdayaan, penyediaan lapangan kerja dan penciptaan kemakmuran tidak akan membawa hasil yang saling menguntungkan dan oleh karenanya juga tidak membawa manfaat berkelanjutan (Urip, 2014 : 15).

5. Citra Dan Reputasi Positif Perusahaan
Reputasi perusahaan merupakan pandangan, persepsi, penilaian seseorang, terhadap objek tertentu akibat adanya informasi yang diperoleh atau adanya interaksi yang terjadi sebelumnya. Seitel yang dikutip oleh Soemirat, (2014) bahwa perusahaan meyakini citra perusahaan yang positif adalah esensial, sukses yang berkelanjutan dan dalam jangka panjang. 

Jefkins, (2004:20) mengategorikan beberapa jenis citra, yakni:
  1. Citra bayangan yaitu citra yang dianut oleh orang dalam mengenai pandangan luar terhadap perusahaan.
  2. Citra yang berlaku yaitu citra yang dianut oleh pihak-pihak luar yang dianut oleh perusahaan.
  3. Citra yang diharapkan yaitu citra yang diinginkan oleh pihak manajemen
  4. Citra perusahaan yaitu citra suatu perusahaan secara keseluruhan, bukan sekedar citra atas produk dan pelayanan.
  5. Citra majemuk yaitu setiap perusahaan atau organisasi memiliki banyak unit dan pegawai.

6. Pengaruh Langsung Implementasi Program CSR Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Dan Reputasi Perusahaan 
Implementasi program social responsibility signifikan berpengaruh terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat dan reputasi perusahaan, secara umum CSR merupakan peningkatan kualitas kehidupan mempunyai adanya kemampuan manusia sebagai individu anggota masyarakat untuk menanggapi keadaan sosial yang ada dan dapat dinikmati, memanfaatkan serta memelihara lingkungan hidup.
     Hasil penelitian menunjukkan bahwa program CSR perusahaan melibatkan partisipasi masyarakat, program-program yang bermanfaat, yang dapat mengembangkan pengetahuan dan dapat meningkatkan kerja sama antar warga masyarakat akan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan dapat mempengaruhi reputasi baik perusahaan.



DAFTAR PUSTAKA

Kotler. P. & Nance. L. (2005). Corporate Social Responsibility: Doing The Most Good for Your Company and Your Cause: John Wiley & Sons Inc.
Mardikanto. T. (2014). CSR (Corporate Social Responsibility) (Tanggungjawab Sosial Korporasi). Bandung: Alfabeta.
Yulianti, Y. 2013. “Pengaruh Program Corporate Social Responsibility PT. Pusri Terhadap TingkatKesejahteraan Masyarakat Di Kelurahan 3 Ilir Palembang”. Universitas Sriwijaya : Palembang.
Urip, Sri. 2014. Strategi CSR : Tanggung Jawab Social Perusahaan Untuk Peningkatan Daya Saing Perusahaan Di Pasar Negara Berkembang, Anggota IKAPI, Penerbit Literati Imprint dari penerbit Lentera Hati, Tangerang Selatan.
Paryadi, (2003), Pengaruh Implementasi Program Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Kesejahteraan Masyarakat (Studi Kasus: PT Air Mancur Karanganyar). eprints.ums.ipb.ac.id/.../02._NASKAH _PUBLIKASI.pdf. diakses tanggal 17 Februari 2016
Saleh, M., & Sukaris. (2018). Corporate Social Responsibility Best Practice PT PJB Up Gresik. Gresik: Universitas Muhammadiyah Gresik

Komentar

Posting Komentar